Panduan Teknik Gitar Bending


Jangan ngaku gitaris kalo belum bisa teknik yang satu ini. Teknik bending adalah teknik dimana kita menaikkan senar pada fret tertentu sehingga menghasilkan nada sama dengan nada diatasnya. Misal kita petik senar no 2 kolom 12 (nada B) kemudian angkat senar sampai nada yang dihasilkan sama dengan nada pada kolom 14 (C#), itulah yang dinamakan teknik bending (senar no 1 adalah senar paling bawah pada gitar).

Gunakan 2 jari pada saat melakukan bending ini, karena lebih kuat saat mengangkat senar sehingga nada yang dihasilkan akan lebih sempurna.  Pada senar 1 2 dan 3, bending biasanya dilakukan keatas (mengangkat) dan pada senar 4 5 dan 6, bending dilakukan kebawah (menarik). 


Teknik bending sering digunakan untuk permainan musik beraliran blues, pop, rock, jazz dan jenis musik lainya tetapi aliran blues yang lebih sering menggunakan teknik ini untuk menghasilkan efek nada yang mendayu-dayu.

Seperti pada kebanyakan permainan gitar Jimi Hendrix, gitaris yang berjuluk maestronya musik blues ini menggunakan teknik bending sebagai improvisasi untuk menghasilkan nada dengan efek 2 nada yang saling berhimpitan.

Nada dihasilkan dari hasil bending 2 nada dan 2 senar sekaligus, misal tekan senar no 2 kolom 10 (A) dan senar no 3 kolom 12 (G). Lakukan bending pada senar no 3 kolom 12 (G), maka nada yang dihasilkan seolah-olah sama dengan nada senar no 2 kolom 10 (A).

Untuk lebih jelasnya silakan simak video Guitar Lesson Bending techniques ala Jimi Hendrix berikut ini.


Video diatas merupakan penggabungan dari scale musik blues dan teknik bending 2 string maupun 1 string, sehingga menghasilkan nada-nada khas musik blues. Semoga bermanfaat



Related Post:

Anda sedang membaca artikel tentang Panduan Teknik Gitar Bending dan anda bisa menemukan artikel Panduan Teknik Gitar Bending ini dengan url http://tips-kamu.blogspot.com/2012/07/Panduan-Cara-Teknik-Gitar-Bending.html,anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Panduan Teknik Gitar Bending ini sangat bermanfaat bagi teman-teman anda,namun jangan lupa untuk meletakkan link Panduan Teknik Gitar Bending sebagai sumbernya.

15 komentar:

  1. kunjungan ni sobat .. kunjungan balik ya...

    BalasHapus
  2. Wah.. dah manteb tu sob link sahabatnya tinggal sobat nofolowkan link gambar dan judul postingannya, atau kalau tidak juga ga apa malah saya ucapkan terima kasih hehehe... oh ya sob sobat nofolowkan biar ga terlalu banyak link keluar kalau baru satu sih ga apa coba kalau linknya sudah puluhan atau ratusan hehehe..... caranya sudah ditambahkan sob di blog saya sekarang lebih jelas lagi. maaf sebelumnya saya ga sampai detil penjelasannya. maklum terburu-buru sobat.

    BalasHapus
  3. sobat jangan semua di dofolowkan itu bukan tukeran link kalau begitu hehehe judul blognya jangan pake rel="nofollow"

    BalasHapus
  4. sobat memasang re="nofollow" nya jangan diantara blogUrl' target yang berada dibawah blog-title tapi harus diantara blogUrl' target yang ada dibawah item-tumbnail

    BalasHapus
  5. sudah oke sobat.. oh ya follow ya...

    BalasHapus
  6. gk ngerti masalah gitar sob..
    Hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe.. tak kenal maka tak sayang gan..

      Hapus
  7. nice blog,...
    salam kenal ya gan,...

    BalasHapus
  8. blogwalking aja ni gan, numpang baca2...
    jln2 ke blog ane ya gan...
    Artikel Internet Online

    BalasHapus
  9. Manteps gan sharingnya,., kunjungan balik dari ane gan, Admin MD,.,

    BalasHapus

Anda bisa memasang backlink URL blog anda dengan memilh Name/URL pada title komentar anda