sponsor

sponsor

Recent Post

Musik

Gadget

Healt

Komputer

Resep

» » Tips Meningkatkan Jumlah ASI

Ada beberapa ibu yang merasa kesulitan dalam menyusui si kecil apalagi bagi si ibu yang baru pertama kali menysui, masalah yang timbul seringkali karena tidak keluarnya air susu ibu, hal ini bisa dikatakan wajar karena baru pertama kali mengalaminya. Jika hal ini sama yang terjadi pada anda, berikut ada bebrapa tips untuk meningkatkan jumlah ASI, semoga bermanfaat.
- Susuilah bayi lebih sering tanpa dijadwal, minimal 8 kali dalam 24 jam, tiap payudara 10 - 15 menit.
- Setiap menyusui gunakan payudara secara bergantian, jangan salah satu saja. Gunakan satu panyudara saja sampai habis, baru pindah ke payudara satunya.
- Saat sedang menyusui, ibu sebaiknya rileks dan dilingkungan yang tenang.
- Hindari menggunakan dot atau empeng dan usahakan bayi hanya menyusu pada ibu saja. Hal ini untuk mencegah bayi malas menyusu atau bingung puting.
- Hindari memberikan makanan tambahan selain ASI (sebaiknya hanya mendapat ASI saja sampai usia 6 bulan).
- Ibu  jangan berdiet/pantang makanan tertentu, dan sangat dianjurkan makan buah segar, daging, ikan, susu, sayur-sayuran, kacang-kacangan. Makanlah satu porsi (500 kalori) lebih banyak dari biasanya


Selain si ibu, ayah juga dapat berperan dalam membantu melancarkan jumlah ASI. Apabila istri menyaksikan anda melakukan hal-hal berikut, ia akan bahagia karena merasa mendapat dukungan dari anda. Kebahagiaan ini akan memicu produksi ASI agar lebih lancar lagi. Hal-hal yang dapat dilakukan suami antara lain.

- Menggendong si kecil saat istri sedang mandi, makan atau beristirahat.
- Membantu memijat payudara ibu agar tidak membengkak
- Memijat si kecil
- Mencukur rambut si kecil
- Mengganti popok si kecil
- Memberikan ASI perahan dengan sendok
- Menyanyikan lagu untuk meninabobokan si kecil

Semoga si buah hati menjadi anak yang soleh dan solehah dan semoga beberapa tips sederhana diatas dapat membantu masalah anda.

Sumber : Prenagen

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

2 Comments: