sponsor

sponsor

Recent Post

Musik

Gadget

Healt

Komputer

Resep

» » Awas ! Hubungan Seks Usia Dini Berpotensi Kanker Serviks

Siapa yang tidak tahu penyakit kanker? mendengarnya saja sudah merinding. Penyakit kanker adalah satu dari sederet penyakit mematikan. Salah satu penyakit kanker yang mematikan adalah kanker serviks. Tapi Spesialis Kebidanan dan Penyakit Kandungan RS Premier Jatinegara Dr Indrawati Dardiri Sp OG mengatakan, penyakit kanker serviks bisa dicegah sejak dini dengan melakukan berbagai langkah dan upaya yang bisa kita lakukan.


Menurut dokter
Indrawati Dardiri Sp OG, "Salah satu upaya pencegahan adalah tidak berhubungan seksual dengan pria yang sering berganti-ganti pasangan, selain itu, perlu memelihara kesehatan tubuh dengan rutin melakukan pap smear dan menghentikan kebiasaan merokok". Seperti dikutip dari situs Republika.

Ada hal lain yang tak kalah penting terkait potensi terkena penyakit kanker serviks ini yaitu, "tidak melakukan hubungan seksual di usia dini juga dapat mencegah kanker serviks", katanya dalam seminar yang bertujuan menyebarluaskan pengetahuan tentang persoalan kesehatan khususnya kanker serviks.

Faktor makanan juga berpengaruh penting dalam mencegah pertumbuhan penyakit mematikan ini yaitu dengan memperbanyak konsumsi sayuran yang berwarna hijau tua dan kuning yang banyak mengandung beta karoten, vitamin C serta E serta melakukan vaksinasi untuk mencegah infeksi virus. 

Menurut Badan Kesehatan Dunia (WHO) kanker serviks menempati peringkat teratas di antara berbagai jenis kanker yang menyebabkan kematian pada perempuan di dunia. "Data WHO juga menyebutkan bahwa Indonesia merupakan negara yang memiliki jumlah kasus kanker serviks tertinggi di dunia," katanya.

Setiap tahun, tambah dia, terdeteksi lebih dari 15 ribu kanker serviks di Indonesia dengan sekitar delapan ribu kasus diantaranya berakhir dengan kematian. Sementara itu, kesehatan reproduksi, masih kata Dr Inrawati, merupakan hal yang penting bagi setiap wanita terutama yang telah memasuki usia kematangan seksual.

Lebih baik menjaga sejak dini daripada harus mengobati suatu saat nanti, semoga pernyataan
Dr Indrawati Dardiri Sp OG diatas dapat menjadikan wanita indonesia sadar betul akan pentingnya menjaga pergaulan bebas khususnya bagi kaum perempuan di usia dini.

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

16 Comments:

  1. bagus sekali artikelnya,,, makasih ya infonya sukses selalu...

    ReplyDelete
  2. mantap gan informasinya
    menarik dan bermanfaat sekali
    terimakasih banyak ya

    ReplyDelete
  3. apakah dengan membayangkan bisa mederita penyakit kanker serviks

    ReplyDelete
  4. update terus infonya gan
    menarik dan bermanfaat sekali nih
    terimakasih banyak

    ReplyDelete
  5. .ifo yang menarik gan
    .terima kasih buat info nya
    .sukses terus gan dan di tunggu info yang lain nya

    ReplyDelete
  6. terimakasih info yang di share sangat menarik sekali dan
    membuat betah di blog agan

    ReplyDelete
  7. Trimakasih gan udah sare info yang sangat berguna ini. salam bloging.

    ReplyDelete
  8. bagus sekali info nya sangat bermanfaat
    terimakasih sudah di share

    ReplyDelete
  9. terimakasih info yang di muat sangat bagus sekali
    ditunggu update nya

    ReplyDelete
  10. bagus sekali, matangkan usia memasuki pernikahan agar secara fisik dan mental siap

    ReplyDelete