sponsor

sponsor

Recent Post

Musik

Gadget

Healt

Komputer

Resep

» » Tips Mudah Belajar Teknik Arpegio (Panduan)

Teknik Arpegio adalah bentuk nada-nada pada not balok yang cara memainkanya dengan dipetik dan bukan di genjreng, karena setiap nada harus berbunyi secara bergantian bukan bersamaan. Bagi yang sudah lama mengenal gitar mungkin sudah tidak asing lagi dengan teknik ini tapi bagi seorang pemula mungkin akan sangat kesulitan mengaplikasikan teknik arpegio ini. 

Berikut ini merupakan panduan untuk berlatih tehknik gitar arpegio dari dasar sampai anda dengan mudah menguasainya. Pertama yang harus anda lakukan adalah mengetahui scale atau not-not arpegio itu seperti apa, dibawah ini adalah contoh pola arpegio 5 senar dengan nada dasar A minor, pola ini termasuk pola arpegio yang paling mudah untuk dipelajari sebagai awalan untuk menjadi mahir.

Pola Arpegio A minor

Contoh pola diatas dapat juga anda gunakan sebagai acuan untuk anda memainkan not-not melodi open tuning atau sebagai improvisasi dari sebuah chord. Perlu anda ketahui hal-hal sebagai berikut :
- Senar paling bawah adalah nada E (pada gitar adalah senar bas paling atas)
- Pada senar A angka 12 berarti kolom 12, pada senar no 5 di tekan dengan jari kelingking
- Pada senar D angka 10 berarti kolom 10, pada senar no 4 ditekan dengan jari tengah
- Pada senar G kolom 9 ditekan dengan jari telunjuk
- Pada senar B kolom 10 ditekan dengan jari tengah
- Pada Senar E kolom 9 ditekan dengan jari telunjuk, dan kolom 12 dengan jari kelingking kemudian kembali ke atas dengan penekanan yang sama, lakukan berulang-ulang.

Dalam memetik lakukan petikan kearah bawah untuk senar no 5 ke 1 dan petikan kearah atas untuk senar no 1 ke 5. Lakukan dengan hati-hati dan dengan tempo yang pelan tapi konstan, setelah anda hafal lakukan dengan tempo yang lebih cepat secara bertahap. Sebagai bantuan untuk lebih jelasnya silakan cek video dibawah ini.


Bagaimana siapkah anda menjadi mahir?

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

1 Comments:

  1. Salam kenal, mohon izinkan saya berbagi link buat yg ingin memperdalam berbagai teknik gitar secara lengkap silahkan kunjungi www.gitarzoom.blogspot.com
    Terimakasih

    ReplyDelete