sponsor

sponsor

Recent Post

Musik

Gadget

Healt

Komputer

Resep

» » Cara Mengganti Fret Gitar Sendiri

Bagian terpenting dari sebuah gitar adalah senar tetapi senar gitar tanpa adanya fret tidak akan menghasilkan suara dengan baik, karena fret pada gitar berfungsi untuk menentukan tinggi rendahnya nada yang dihasilkan oleh senar, sehingga perpaduan antar nada akan menghasilkan suara yang enak didengar.

Bagaimana jika fret pada gitar kita sudah aus atau rusak? Tentu suara yang dihasilkan tidak sejernih ketika semua fret dalam kondisi yang sempurna. Lalu bagaimana cara mengatasinya? Ya harus diganti dengan fret yang baru. Ternyata mengganti sebuah fret pada gitar tidak semudah membalikkan telapak tangan,
ketika fret sudah diganti ternyata timbul masalah lain yaitu suara gitar jadi fals. Hal ini disebabkan karena ketinggian fret tidak sama antara satu dengan yang lainya. Lalu bagaimana caranaya?

Pertama yang harus dilakukan adalah melepas semua senar dari badan gitar, kemudian dilanjutkan dengan melepas semua fret dari setang gitar. Penggantian fret tidak bisa dilakukan hanya dengan mengganti 1 atau 2 fret saja, tetapi harus semuanya diganti. Hal ini dikarenakan ukuran maupun material fret original dengan fret pengganti belum tentu sama, sehingga kerataan dan suara yang dihasilkan tidak akan sama.

Melepas fret bisa menggunakan cutter atau obeng min yang tipis, hati-hati jangan sampai merusak neck (setang gitar). Setelah semua fret terlepas, pastikan neck dalam kondisi yang lurus dan tidak bengkok. Cek menggunakan seutas tali yang dipegang dikedua ujung neck, jika bagian tengah neck tidak menempel tali berarti neck sedang bengkok, maka harus diluruskan.

Pada gitar branded biasanya dilengkapi baut penyetel yang terletak pada ujung atau pangkal neck dalam body (untuk gitar acoustic). Kencangkan setelan jika neck terasa kurang lurus, untuk gitar tanpa setelan bisa dengan cara mengamplas neck, agar amplasan merata gunakan balok kayu rata yang dibungkus dengan amplas. Hati-hati ketika mengamplas, usahakan tidak terlalu banyak memakan neck.


Setelah pengamplasan selesei, dalamkan lubang tempat menanam fret menggunakan gergaji besi yang tipis, ingat jangan terlalu dalam. Jika semua sudah siap, sekarang tinggal pemasangan fretnya. Tanam fret sesuaikan panjang fret dengan lebar neck, jika fret terlalu panjang potong menggunakan tang. Beri sedikit lem kayu pada bagian bawah fret agar fret tidak mudah lepas. Ketok-ketok fret menggunakan balok kayu dengan pelan-pelan agar fret tidak tergores, usahakan fret tertanam dengan sempurna tidak miring ke kanan atau ke kiri. Pasang fret satu-persatu dari pangkal sampai ujung neck.

Rapikan ujung-ujung fret menggunakan kikir. Cek kerataan fret dengan cara membentangkan seutas tali yang dipegang dikedua ujungnya, perhatikan apakah semua fret menyentuh tali, jika tidak berati kerataan / ketinggian fret belum sama. Pukul fret yang paling tinggi menggunakan balok kayu dengan perlahan kemudian cek lagi sampai didapatkan kerataan yang sama. Jika fret sudah mentok, bisa dengan cara mengamplasnya menggunakan amplas besi sedikit demi sedikit lalu cek lagi.

Setelah kerataan fret sama, pasang senar kemudian cek dengan dengan cara membunyikan nada satu-persatu apakah ada nada yang terdengar fals. Agar tampilan neck  yang telah diamplas terlihat bagus lagi, bisa menggunakan vernis untuk mengecatnya. Sampai disini dulu tips mengganti sendiri fret gitar yang sudah aus. Semoga bermanfaat..

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

20 Comments:

  1. Replies
    1. Makasih atas kunjunganya gan..

      Delete
    2. Om saya boleh..mintak tolong kl boleh.tau ukuran jarak fret ..om untuk gitar listrik ibanez..
      No hp saya om..085274335043

      Delete
  2. kalo mau ganti senar gitar gimana caranga ya ?

    ReplyDelete
  3. Kalo elektrik gampang aja gan, tinggal buka sekrup mika penutup yang ada pada belakang body gitar. Thanks

    ReplyDelete
  4. Your style is so unique in comparison to other folks I have read
    stuff from. I appreciate you for posting when you have the opportunity, Guess I will
    just book mark this page.

    Feel free to visit my website: anti cellulite treatment

    ReplyDelete
  5. Maksi mas
    walau sederhana tp sangat berguna

    ReplyDelete
  6. Maksi mas
    walau sederhana tp sangat berguna

    ReplyDelete
  7. Mau nnya fret nya dibeli dulu ya? Atw pake fret yg lama aja?

    ReplyDelete
  8. Fret gitarnya [̲̅̅a̲̅]ϑǻªª D̶̲̥̅̊ɪ̣̝̇ jual Ъќ bang...??

    ReplyDelete
  9. Masukkan komentar Anda...bermanfaat banget boss kebetulan gitar keponakan rusak gara2 di ganti fret sendiri jadi ga bisa di steam. mudah2 cara ini berhasil.

    ReplyDelete
  10. Gang gitarku kalau di petik suaranya.getar gitu.kayak ada yang bersentuhan.tolong penyelesaiannya

    ReplyDelete
  11. Gan...gitar ku kalau di genjreng kaya gitar gk stem bunyi nya...pasahal udah stem lo...
    Mohon penjelasannya

    ReplyDelete
  12. Bang saya mau ganti pret gitar akustik saya bang...
    Bisa d bantu

    ReplyDelete
  13. Howdy, I think your website could possibly be having browser
    compatibility issues. When I look at your web site in Safari, iit looks
    fine however, iff opening in Interrnet Explorer, it hhas some
    overlapping issues. I just wanted to give you a quick head up!

    Aside from that, excellent website!

    ReplyDelete
  14. What's up, everything iis going sound here and ofcourse every one is sharinmg facts, that's really good,
    keep up writing.

    ReplyDelete
  15. Hello, Neat post. There is a problem together with your web site
    in web explorer, might check this? IE still is the marketplace chief and a large section of people will
    omit your magnificent writing beause oof this problem.

    ReplyDelete