sponsor

sponsor

Recent Post

Musik

Gadget

Healt

Komputer

Resep

» » Cara Memotong dan Membersihkan Ayam Dengan Benar

Cara Memotong Ayam Yang Benar. Memotong ayam sendiri dan kemudian membersihkanya memang sepertinya agak ribet, tapi jika kita tahu cara dan tekniknya, semua akan berjalan dengan mudah dan menyenangkan. Berikut sedikit tips cara membersihkan ayam setelah dipotong sendiri, tanpa menggunakan alat khusus.

Pemotongan ayam yang ideal dilakukan oleh 2 orang. 1 orang bertugas memegang badan ayam, dengan cara tangan kanan memegang kedua kaki dan tangan kiri memegang kedua sayap. 1 orang lagi bertugas memotong dengan cara tangan kiri memegang kepala ayam dan tangan kanan memegang pisau. Cara memotong ayam menurut syariat islam yaitu dengan cara memiringkan ayam ke arah kiblat. Disertai dengan membaca Basmallah, potong tepat dilehernya tapi jangan sampai putus. Diamkan sebentar agar ayam benar-benar mati.

Untuk menghemat waktu, siapkan air panas terlebih dahulu sebelum proses pemotongan agar proses pembersihan dapat segera dilakukan. Didihkan air secukupnya, air berfungsi untuk merendam ayam agar proses pencabutan bulu lebih mudah dilakukan. Jika ayam masih muda, jangan merendamnya terlalu lama karena akan menyebabkan dagingnya melepuh dan pencabutan bulu akan lebih sulit. Perendaman kira-kira 1 sampai 2 menit saja dengan cara dibolak-balik sampai merata.

Proses berikutnya yaitu mencabuti bulu-bulu sampai bersih tak tersisa. Lakukan selagi dalam kondisi hangat agar pencabutan lebih mudah. Kelupas kulit luar pada cakar dan potong kukunya. Kelupas juga kulit luar pada moncong ayam, perlebar mulutnya dengan cara diiris, agar bagian dalam mulut mudah dibersihkan.

Belah dada ayam tepat dibagian tengah denga posisi ayam menghadap keatas. Keluarkan semua isi jerohanya, jangan sampai pecah dan kotoranya keluar. Potong-potong ayam menjadi beberapa bagian, terutama pada bagian persendian dan bagian-bagian yang lainya. Selain dipotong-potong, anda juga bisa memasaknya dengan cara utuh. Potong kepala dan kedua kakinya. Cuci daging ayam sampai bersih kemudian tiriskan.

Membersihkan Jerohan Ayam
Siapkan gunting kecil dan pisau. Ulur usus sampai sepanjang mungkin. Belah usus dari satu ujung ke ujung lainya, kemudian potong-potong sesuai selera. Belah jantung ayam menggunakan pisau dari samping, kelupas kulit didalamnya.

Ambil empedu yang menempel pada hati, jangan sampai pecah mengenai daging.
Bersihkan semua jerohan, cuci beberapa kali atau dengan air yang mengalir supaya jerohan benar-benar bersih, kemudian tiriskan.

Setelah proses pembersihan selesai dilakukan, kini saatnya memasak sesuai dengan selera kamu, didahului dengan mencampurkan bumbu yang sudah dihaluskan dengan daging ayam. Semoga sedikit tips buat kamu hari ini bermanfaat bagi kita semua.

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

8 Comments:

  1. Ampedu kalau pecah gimana rasanya om?

    ReplyDelete
    Replies
    1. pait lah. makanya ada lagu tentang sepait empedu itu wkwkkwkw

      Delete
  2. Ga kebalik, Bro ????
    Bukannya lebih bagus di ambil jeroannya dulu. baru setelah itu di rendam air panas untuk di cabut bulunya.

    Dengan di ambil jeroan terlebih dahulu, kotoran dan sisa sisa darah yang tersisa tidak ikut kerendam air panas dan ikut matang.

    ReplyDelete
  3. Klo ane potong terserah mau gmna , yg penting kenyang.. hehe :D
    Baca juga Info Komunitas Online Megapolitan => Infonitas.com

    ReplyDelete
  4. terima kasih atas inspirasinya! Betul sekali, makanan sehat memang sangat penting, akan tetapi mengolah memasak secara tepat juga sama pentingnya.

    ReplyDelete
  5. informasinya sangat menarik
    nambah wawasan njuga terimakasih

    ReplyDelete
  6. terimakasih atas informasinya
    di tunggu informasi selanjutnya

    ReplyDelete