sponsor

sponsor

Recent Post

Musik

Gadget

Healt

Komputer

Resep

» » Cara Memperbaiki Pompa Air Yang Terendam Banjir

Cara Memperbaiki Mesin Pompa Air Rusak. Ketika melongok ke dalam sumur eh tau-tau air sudah luber, sialnya mesin pompa airnya terendam d dalam sumur. Pantesan saja airnya dari pagi nggak ngalir ternyata mesin pompa airnya ngadat. Jangan khawatir sebenarnya masih bisa diperbaiki.

Musim hujan biasanya air dalam sumur meluber hal ini bisa menjadi petaka bagi pompa air yang di letakkan di dalam sumur. Ketika musim kemarau air surut sehingga terpaksa mesin harus diturunkan demi mengejar setetes air kehidupan.

Nah bagi sobat semua yang pernah mengalami mesin pompa airnya terendam dalam air jangan khawatir ada tips untuk memperbaikinya.

Pertama, setelah anda melihat bahwa ternyata kondisi sumur anda sedang meluber, jangan pernah mencoba untuk menyalakan mesin pompa air. Hal ini untuk menghindari konsleting di sekitar kumparan atau spul mesin pompa air agar tidak kebakar.

Kedua, segera angkat mesin pompa air ke daratan atau tempat yang kering, dengan melepas pipa saluran buang dan hisap untuk memudahkan pengeringan.

Ketiga bongkar tutup rangkaian kapasitor biasanya menempel diatas mesin pompa air, biarkan terbuka saja. Bongkar sekrup pada bagian kumparan, dengan cara melepas kipas pendingin terlebih dahulu. Perhatikan kumparan apakah sudah kehitaman alias gosong, kalo masih berwarna kuning keemasan terang seharusnya cara ini berhasil.

Biarkan kumparan dalam kondisi terbuka. Angin-anginkan ditempat yang kering atau dengan bantuan kipas angin. Tunggu sampai semua komponen dalam keadaan benar-benar kering. Setelah semua komponen dinyatakan kering 100 persen, pasang kembali semua komponen seperti keadaan semula.

Sekarang coba kamu aliri listrik di kedua ujung kabelnya. Berhasilkah? Jika tetap tidak bergerak kemungkinan spulnya sudah terbakar, segera hubungi bengkel dinamo terdekat untuk memperbaiki kumparan atau spul mesin pompa air kamu.
Semoga tips memperbaiki mesin pompa air ini bermanfaat.

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

10 Comments:

  1. Info yang sangan bermanfaat salam kenal dari kami
    http://serviceac-surabaya-ok.blogspot.com/

    ReplyDelete
  2. kebetulan semalem hujan besar dan sumur luber, hadeuh alhasil pompa ga hidup. x_x

    ReplyDelete
  3. thanks buat tips nya
    menarik sekali dan bermanfaat
    semoga sukses terus

    ReplyDelete
  4. Tahnks gan artikelnya, selain cara di atas untuk menambah aman pompa air kita, sebaiknya gunakan klem sadel
    dari logam agar lebih aman pada bagian pipanya.

    ReplyDelete
  5. Karena kita tidak mengetahui histori pemakaian sepeda motor tersebut, kita harus bisa mendeteksi sepeda motor yang pernah terendam banjir.

    ReplyDelete
  6. numpang share info gan... pompa air sering terbakar... modifikasi segera dengan rangkaian kontrol elektronik dari kami. Hubungi 081218127854. Tks gan.

    ReplyDelete
  7. Tadi malam hujan deras...alhasil pomla air terendam....hadew....

    ReplyDelete