Membuat Laporan Keuangan Sederhana Toko Kelontong

Membuat Buku Kas Sederhana Toko Kelontong. Mengelola keuangan merupakan hal yang paling vital dan paling penting dalam memulai merintis usaha. Karena alasan keuangan yang tidak terkontrol sehingga seorang harus meutup usahanya karena keadaan tidak berjalan sesuai dengan rencana. Berikut cara memulai berwirausaha yang benar.

Sebesar apapun penghasilan anda, nggak peduli anda pegawai maupun pengusuha. Jika keuangan anda tidak terkontrol maka tidak akan menutup kemungkinan pengeluaran lebih besar dari pendapatan. Ujung-ujungnya menimbulkan hutang dan kebangkrutan.

Hal pertama yang paling penting dalam berwirausaha adalah bagaimana cara anda memasarkan produk sehingga dikenal di pasar atau masyarakat. Hal kedua yang tak kalah penting dan mungkin lebih penting dari poin yang pertama yaitu, buku kas sebagai manajemen keuangan. Manajemen keuangan memegang peranan utama dalam proses maju mundurnya sebuah bidang usaha.

Jangan berfikir bahwa manajemen keuangan itu merupakan sebuah ilmu akuntansi yang sulit dan ribet, tapi sebaliknya sebenarnya sangat mudah anda bisa memulainya dari hal yang paling sepele. Sebagai contoh manajemen keuangan sederhana berikut ini bisa anda aplikasikan dalam bidang usaha, misalnya toko kelontong, counter pulsa dan handphone,bengkel motor, jasa loundry, cucian motor dan lain-lain.

Anda bisa memulai merintis usaha salah satunya dengan membuat buku kas sederhana, langkah-langkah sebagai berikut :
  1. Mencatat semua pemasukan. Siapkan pembukuan sederhana yang berfungsi sebagai catatan semua arus keuangan masuk dan keluar 
  2. Buat daftar rincian penjualan. Buat kolom dengan nama kolom : TANGGAL, NO, NAMA BARANG, JUMLAH, SATUAN, TOTAL. Catat setiap transaksi yang terjadi sesuai dengan nama kolom-kolom diatas 
  3. Catat setiap pengeluaran. Ada kalanya anda harus membeli perlengkapan usaha, maupun tambahan barang dagangan anda, jika uang yang anda keluarkan berasal dari penghasilan toko, maka anda wajib mencatatnya pada buku diatas. Sebagai contoh : TANGGAL 22/05/13, NO 15, NAMA BARANG = Kulakan gula pasir, JUMLAH = 10, SATUAN = 12.000, TOTAL = (-) 120.000 
  4. Rekap keuangan harian. Rekap data keuangan pribadi anda dengan cara menjumlahkan setiap transaksi pada kolom total, jangan lupa dikurangi pengeluaran yang ada atau tanda (-) minus. Catat pendapatan harian anda setelah dikurangi pengeluaran. Tambahkan dengan pendapatan kemarin, begitu seterusnya. 
  5. Pisahkan dengan keuangan pribadi. Hal ini mungkin terdengar sangat sepele, tetapi akan sangat baik sekali jika anda tidak menggabungkan keuangan pribadi dan usaha anda, sehingga laporan keuangan tidak carut marut dan anda bisa mengetahui perkembangan usaha anda
Tetap berusaha dan berikhtiar, kesuksesan tidak akan datang dengan sendirinya tanpa kita berusaha, semua berawal dari kesulitan yang terselesaikan. Semoga sedikit tips manajemen keuangan sederhana ini bermanfaat bagi kita semua.



Related Post:

Anda sedang membaca artikel tentang Membuat Laporan Keuangan Sederhana Toko Kelontong dan anda bisa menemukan artikel Membuat Laporan Keuangan Sederhana Toko Kelontong ini dengan url http://tips-kamu.blogspot.com/2013/05/membuat-laporan-keuangan-sederhana-toko.html,anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Membuat Laporan Keuangan Sederhana Toko Kelontong ini sangat bermanfaat bagi teman-teman anda,namun jangan lupa untuk meletakkan link Membuat Laporan Keuangan Sederhana Toko Kelontong sebagai sumbernya.

0 komentar:

Poskan Komentar

Anda bisa memasang backlink URL blog anda dengan memilh Name/URL pada title komentar anda