sponsor

sponsor

Recent Post

Musik

Gadget

Healt

Komputer

Resep

» » » Cara Cepat Stem Gitar Dengan Teknik Resonansi

Epiphone
Guitar Trick : Cara Mudah Stem Gitar. Nyetem gitar atau bahasa gaulnya Tunning Guitar. Ada beberapa cara untuk nyetem gitar, menggunakan alat bantu misal guitar tuning, guitar efek, guitar equalizer dan tentunya cara manual. Salah satunya dengan teknik resonansi, apakah itu? Silahkam disimak.

Biasakan untuk mentuning gitar terlebih dahulu sebelum anda memainkanya. Selain nantinya suara yang dihasilkan lebih enak di dengar, nyetem gitar juga berguna untuk melatih ketajaman feeling anda tentang nada dan suara. Cobalah teman anda untuk membunyikan 1 buah nada, kemudian anda mencoba untuk menebaknya tanpa anda harus melihatnya. Kira-kira benar nggak tebakan anda?

Untuk dapat menjawab pertanyaan diatas silahkan anda baca artikel yang telah saya posting sebelumnya yang berjudul Cara Melatih Feeling Dalam Bermain Gitar.

Sekarang mari kita pelajari Trik Tuning Gitar dengan Teknik Resonansi ini. Pertama siapkan gitar anda, baik itu gitar acoustic maupun elektrik boleh-boleh saja. Caranya sama seperti ketika anda menstem gitar dengan cara manual lainya. Tetapi yang membedakan disini yaitu cara menekan senarnya (tangan kiri). Cara menekan senarnya bukan dengan cara ditekan sampai menyentuh fret. Tetapi cukup disentuh dengan jari saja. Letakkan jari diatas fret no 5 dan 7.
  1. Kencangkan dahulu senar no 1 atau yang paling bawah. Sampai kira-kira mendekati maksimal .
  2. Kencangkan sambil bunyikan senar no 2. Cek nadanya dengan cara. Sentuh senar no 2 diatas fret no 5, bunyikan. Kemudian sentuh senar no 1 diatas fret 7, bunyikan. Perhatikan apakah kedua senar mempunyai tinggi nada yang sama? Jika iya berarti sudah benar. Jika belum putar terus senar no 2 sampai didapat nada yang sama. 
  3. Kencangkan sambil bunyikan senar no 3. Cek nadanya dengan cara. Sentuh senar no 3 tepat diatas kolom 5, bunyikan. Kemudian sentuh senar no 2 diatas fret 7, bunyikan. Lakukan sama seperti langkah no 2. 
  4. Selanjutnya untuk senar 4 sampai 6 lakukan dan terapkan seperti langkah-langkah sebelumnya.
Bagaimana mudah bukan? Menurut anda lebih nyaman menggunakan teknik tunning dengan cara apa. Semoga tips Cara Tuning Gitar ini bermanfaat buat anda.

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

12 Comments: