sponsor

sponsor

Recent Post

Musik

Gadget

Healt

Komputer

Resep

» » 7 Tips Sehat Berpuasa di Bulan Ramadhan

Puasa itu sehat
Marhaban ya ramadhan, selamat menjalankan ibadah puasa tentunya bagi umat muslim di seluruh dunia, dan bagi yang tidak atau belum menjalankan semoga selalu diberi kesehatan dan dimurahkan rezekinya.  Puasa itu menyehatkan, apabila dilakukan dengan benar. Berikut sedikit tips sehat menjalankan ibadah puasa di bulan ramadhan.
  1. Agar kuat menjalankan ibadah puasa tentunya kita tidak lupa makan sahur dengan makanan yang mengandung karbohidrat, seperti nasi umbi-umbian dan lain-lain, usahakan makan sahur mendekati waktu imsak agar lebih menghemat energi.
  2. Sahur yang benar bukan berarti harus makan yang banyak, tetapi makanlah makanan yang berkualitas, seperti makanan yang cukup mengandung gizi dan berserat.
  3. Beberapa biji kurma saat sahur dapat memberikan energi yang lebih, karena dalam buah kurma mengandung kadar gula yang tinggi.
  4. Sebagai pelengkap makanlah jenis buah-buahan yang mengandung banyak vitamin untuk menjaga kebugaran tubuh disiang hari, selain itu minumlah air putih yang cukup atau lebih banyak dari biasanya untuk menjaga agar tidak kekurangan cairan.
  5. Jangan tidur terlalu banyak diwaktu puasa karena akan menyebabkan badan lemas dan bibir terasa kering, isi dengan kegiatan yang bermanfaat yang tentunya tidak menguras banyak tenaga.
  6. Bagi ibu hamil atau penderita penyakit tertentu, berkonsultasilah dengan dokter untuk menjaga kualitas puasa dan tentunya kesehatan anda.
  7. Makanlah yang cukup diwaktu berbuka, jangan biasakan langsung makan makanan berat dan dalam porsi yang berlebihan, karena akan mengganggu sistem pencernaan. Sisakan 1/3 bagian perut untuk udara, agar lebih leluasa bernafas dan tidak merasa kekenyangan.
Pada dasarnya puasa tidak hanya menahan lapar dan haus, tetapi dengan puasa kita juga diharapkan untuk menahan diri dari segala hawa nafsu yang bisa menjerumuskan manusia ke jalan yang sesat.

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

8 Comments:

  1. langsung dikunjungi ni updatenya...kunjungan balik ya sobat yang baik...

    ReplyDelete
  2. Kadang kala yang paling males itu adalah bangun sahur, sehingga tidak jarang puasa tanpa sahur terlebih dahulu. terimakasih tipsnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betu2 gan, pake alarm saja namanya juga lg beibadah, tetap semangat gan. Salam kenal

      Delete
  3. mudahan kita diberi kesehatan dalam menjalankan ibadah di bulan ramadhan

    ReplyDelete
  4. terimakasih atas informasinya
    informasinya bermanfaat dan menarik
    di tunggu informasi selanjutnya

    ReplyDelete